Sabtu, 15 September 2012

Example : SATLAN BK Kelompok


SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
(Bimbingan Kelompok)

Nama Sekolah
:
SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta
Tahun Ajaran
:
2012/2013
Kelas
:
VII
Semester
:
Gasal
A.
Topik Bahasan
:
Mampu membuat keputusan (KAPAL LIVINA)
B.
Bidang Bimbingan
:
Sosial
C.
D.    
Jenis Layanan
Fungsi Layanan
:
:
Bimbingan Kelompok
Pemahaman dan Pengembangan
E.
Tugas Perkembangan
:
Berperilaku sosial yang bertanggung jawab
F.
Rumusan Kompetensi
:
1.     Agar siswa mampu mengembangkan hubungan yang baik dengan orang lain melalui komunikasi yang baik
2.     Agar siswa mampu berdiskusi secara baik dengan teman-temannya dan mampu mengembangkan kerjasama          
G.
Sasaran Layanan
:
Siswa kelas VII
H.
Waktu
:
2 x 45 Menit
I.
Indikator Keberhasilan
:
Permainan ini dianggap berhasil, bila :
1.      Diskusi berjalan hangat diantara anggota kelompok
2.      Ada pemimpin dalam kelompok yang secara tidak langsung memimpin kelompok
J.
Tahap Pelaksanaan
:
1.                                                                                                                                                        1.  Pembukaan (10’ Menit)
a.     Praktikan mengucapkan salam perkenalan pada siswa, mengkondisikan kelas.
b.    Praktikan Menjelaskan kegiatan dan tujuan bimbingan kelompok.
2.  Kegiatan Inti (35’ Menit)
a.  Ekspolarasi  (10’ Menit):
1)      Praktisi menanyakan kepada siswa apakah mereka sudah mengenal satu sama lain dan memahami tentang teman baru mereka.
2)      Praktikan menyampaikan dan menjelaskan pada siswa tentang tema yang akan disampaikan
 b. Elaborasi (10’ Menit):
Awal :
1.    Konselor membagi kelas 4 kelompok
2.    Konselor membagi kertas instruksi kepada 4 kelompok dan meminta untuk membaca dan memahami perintah dari instruksi
Inti :Materi didalam kertas instruksi adalah sebagai berikut :
(dalam lampiran)
c.  Konfirmasi (5’ Menit)
Akhir :
1.      Konselor meminta kelompok untuk presentasi hasil diskusi kelompoknya
2.      Konselor menanyakan refleksi dari permainan ini
3.     Penutup (5’ Menit)
a.       Praktikan bersama-sama menyimpulkan materi layanan yang telah disampaikan
b.      Praktikan menyampaikan rencana pelayanan pada pertemuan yang akan datang.
c.       Praktikan menutup kegiatan bimbingan dengan         berdo’a.
K.
Uraian Waktu Kegiatan
:
1.  Kegiatan Pembuka                         :  10 menit
2.  Permainan Games                           :  15 menit
3.  Diskusi dan tanya jawab               :  15 menit
4.  Penutup dan doa bersama             :   5 menit           
L.
Meotde layanan
:
Metode Games
M
Media layanan
:
Spidol dan Kertas
N.
Sumber
:
1.     Suwarjo & Eliasa, Eva Imania. 2011. Permainan (games) dalam Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Paramita.
2.     Endy Santosa, Vincentius. (2008). 100 Permainana Kreatif. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset
O.
Penilaian
:
a.        Laiseg (layanan segera) :
Memberikan pertanyaan singkat setelah layanan selesai
b.        Laijapen (layanan jangka pendek) :
Mengamati secara perubahan yang dialami oleh siswa baik langsung maupun melalui wali kelas.
c.         Laijapan (layanan jangka panjang) :
Memantau secara langsung perkembangan siswa di dalam kelas ataupun melalui guru mata pelajaran dan wali kelas selama proses berprilaku siswa ketika di dalam kelas maupun diluar kelas
P.
Tindak lanjut
:
Observasi (pengamatan)

      Yogyakarta, 6 September 2012
Mengetahui,
Guru Pembimbing




Sonny Irawan., S.Pd
NBM. 1.090.386                                                   

Mahasiswa PPL




Andi Irfhana Ardhi  
                        NIM. 09001037                                                                                                      






Lampiran Materi :
KAPAL LIVINA
            Kapal LIVINA adalah kapal yang tenggelam di perairan Laut China beberapa tahun yang lalu. Anda adalah seorang kru dalam kapal tersebut. Ketika anda sedang menikmati perjalanan, tiba-tiba kapal menabrak sebuah gunung karang, dan pecah menjadi dua potongan dan terkapar. Banyak bagian kapal yang rusak dan terbakar. Kapal tersebut perlahan tenggelam.
Anda dan anggota kru lainnya berusaha ingin menyelamatkan penumpang. Beberapa penumpang telah terselamatkan, namun ada 7 orang penumpang yang belum terangkut, sedangkan rakit yang tersedia tinggal 1 buah dengan kapasitas 4 orang penumpang.
Tugas anda adalah membahas dengan kelompok dan mencapai keputusan bersama mengenai 4 orang yang harus diselamatkan. Berikut ini adalah daftar penumpang yang belum terselamatkan:
1.      Seorang anak buta berusia 7 tahun, belajar di sebuah sekolah luar biasa, dan menerima beasiswa untuk sekolah  di Amerika.
2.      Seorang wanita hamil berusia 22 tahun
3.      Seorang mahasiswa laki-laki yang cerdas yang sedang mempelajari management di sebuah Universitas yang terkenal
4.      Seorang ahli fisika nuklir yang telah dinominasikan untuk mendapatkan hadiah nobel
5.      Seorang dokter spesialis bedah kanker berusia 50 tahun
6.      Seorang pengusaha yang terkemuka yang memiliki 500 orang yang bekerja di bawahnya
7.      Seorang ulama ternama


Pustaka Therapy
1.  Suwarjo & Eliasa, Eva Imania. 2011. 55 Permainan (games) dalam Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Paramita.
2.      Endy Santosa, Vincentius. (2008). 100 Permainana Kreatif. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar