SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN
KONSELING
(Bimbingan
Kelompok)
Nama Sekolah
|
:
|
SMP
Muhammadiyah 1 Yogyakarta
|
|
Tahun Ajaran
|
:
|
2012/2013
|
|
Kelas
|
:
|
VII
|
|
Semester
|
:
|
Gasal
|
|
A.
|
Topik
Bahasan
|
:
|
Mampu membuat keputusan (KAPAL LIVINA)
|
B.
|
Bidang
Bimbingan
|
:
|
Sosial
|
C.
D.
|
Jenis
Layanan
Fungsi
Layanan
|
:
:
|
Bimbingan
Kelompok
Pemahaman
dan Pengembangan
|
E.
|
Tugas
Perkembangan
|
:
|
Berperilaku
sosial yang bertanggung jawab
|
F.
|
Rumusan
Kompetensi
|
:
|
1.
Agar siswa mampu mengembangkan
hubungan yang baik dengan orang lain melalui komunikasi yang baik
2.
Agar siswa mampu berdiskusi
secara baik dengan teman-temannya dan mampu mengembangkan kerjasama
|
G.
|
Sasaran
Layanan
|
:
|
Siswa
kelas VII
|
H.
|
Waktu
|
:
|
2
x 45 Menit
|
I.
|
Indikator
Keberhasilan
|
:
|
Permainan
ini dianggap berhasil, bila :
1.
Diskusi berjalan hangat diantara anggota kelompok
2.
Ada pemimpin dalam kelompok yang secara tidak langsung memimpin kelompok
|
J.
|
Tahap
Pelaksanaan
|
:
|
1.
1. Pembukaan (10’ Menit)
a.
Praktikan mengucapkan salam perkenalan pada
siswa, mengkondisikan kelas.
b. Praktikan Menjelaskan kegiatan dan tujuan
bimbingan kelompok.
2.
Kegiatan Inti (35’ Menit)
a. Ekspolarasi (10’ Menit):
1)
Praktisi menanyakan kepada siswa
apakah mereka sudah mengenal satu sama lain dan memahami tentang teman baru
mereka.
2)
Praktikan
menyampaikan dan menjelaskan pada siswa tentang tema yang akan disampaikan
b. Elaborasi (10’
Menit):
Awal :
1.
Konselor membagi kelas 4 kelompok
2.
Konselor membagi kertas instruksi kepada 4 kelompok dan meminta untuk
membaca dan memahami perintah dari instruksi
Inti :Materi didalam kertas
instruksi adalah sebagai berikut :
(dalam lampiran)
c. Konfirmasi (5’
Menit)
Akhir :
1.
Konselor meminta kelompok untuk presentasi hasil diskusi kelompoknya
2.
Konselor menanyakan refleksi dari permainan ini
3.
Penutup (5’ Menit)
a.
Praktikan bersama-sama
menyimpulkan materi layanan yang telah disampaikan
b.
Praktikan
menyampaikan rencana pelayanan pada pertemuan yang akan datang.
c.
Praktikan menutup kegiatan
bimbingan dengan berdo’a.
|
K.
|
Uraian
Waktu Kegiatan
|
:
|
1. Kegiatan
Pembuka :
10 menit
2. Permainan
Games : 15 menit
3. Diskusi
dan tanya jawab : 15 menit
4. Penutup
dan doa bersama : 5
menit
|
L.
|
Meotde
layanan
|
:
|
Metode Games
|
M
|
Media
layanan
|
:
|
Spidol dan Kertas
|
N.
|
Sumber
|
:
|
1.
Suwarjo & Eliasa, Eva Imania.
2011. Permainan (games) dalam Bimbingan
dan Konseling. Yogyakarta: Paramita.
2.
Endy Santosa, Vincentius. (2008). 100
Permainana Kreatif. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset
|
O.
|
Penilaian
|
:
|
a.
Laiseg
(layanan segera) :
Memberikan
pertanyaan singkat setelah layanan selesai
b.
Laijapen
(layanan jangka pendek) :
Mengamati secara perubahan yang dialami oleh siswa baik
langsung maupun melalui wali kelas.
c.
Laijapan (layanan
jangka panjang) :
Memantau secara
langsung perkembangan siswa di dalam kelas ataupun melalui guru mata
pelajaran dan wali kelas selama proses berprilaku siswa ketika di dalam kelas
maupun diluar kelas
|
P.
|
Tindak
lanjut
|
:
|
Observasi (pengamatan)
|
Yogyakarta,
6 September 2012
Mengetahui,
Guru
Pembimbing
Sonny Irawan., S.Pd
NBM. 1.090.386
|
Mahasiswa
PPL
Andi
Irfhana Ardhi
NIM. 09001037
|
Lampiran Materi :
KAPAL
LIVINA
Kapal
LIVINA adalah kapal yang tenggelam di perairan Laut China beberapa tahun yang
lalu. Anda adalah seorang kru dalam kapal tersebut. Ketika anda sedang
menikmati perjalanan, tiba-tiba kapal menabrak sebuah gunung karang, dan pecah
menjadi dua potongan dan terkapar. Banyak bagian kapal yang rusak dan terbakar.
Kapal tersebut perlahan tenggelam.
Anda dan anggota kru lainnya berusaha ingin
menyelamatkan penumpang. Beberapa penumpang telah terselamatkan, namun ada 7
orang penumpang yang belum terangkut, sedangkan rakit yang tersedia tinggal 1
buah dengan kapasitas 4 orang penumpang.
Tugas anda adalah membahas dengan kelompok dan
mencapai keputusan bersama mengenai 4 orang yang harus diselamatkan. Berikut
ini adalah daftar penumpang yang belum terselamatkan:
1.
Seorang anak buta berusia 7 tahun,
belajar di sebuah sekolah luar biasa, dan menerima beasiswa untuk sekolah di Amerika.
2.
Seorang wanita hamil berusia 22 tahun
3.
Seorang mahasiswa laki-laki yang cerdas
yang sedang mempelajari management di sebuah Universitas yang terkenal
4.
Seorang ahli fisika nuklir yang telah
dinominasikan untuk mendapatkan hadiah nobel
5.
Seorang dokter spesialis bedah kanker
berusia 50 tahun
6.
Seorang pengusaha yang terkemuka yang
memiliki 500 orang yang bekerja di bawahnya
7.
Seorang ulama ternama
Pustaka
Therapy
1. Suwarjo & Eliasa, Eva Imania. 2011. 55
Permainan (games) dalam Bimbingan dan
Konseling. Yogyakarta: Paramita.
2.
Endy
Santosa, Vincentius. (2008). 100 Permainana Kreatif. Yogyakarta:
Penerbit Andi Offset
Tidak ada komentar:
Posting Komentar