A.
Analisis
Kelompok
Berdasarkan
hasil Analisis Tugas Perkembangan / ATP Secara Kelompok Kelas VII I SMP
Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013 yang dilaksanakan pada Hari tanggal , maka didapatkan hasil
sebagai berikiut :
1. Aspek Tertinggi
: Aspek nomor 10 yaitu Aspek Kematangan Hubungan Teman Sebaya
Dimana pada aspek ini meliputi : Pemahaman tingkah laku orang lain, kemampuan berempati, kerja sama, dan kemampuan
hubungan sosial. Dari
karakteristik yang ada pada aspek nomor tujuh tersebut, dapat di diskripsikan
bahwa : pada aspek tersebut peserta didik dipandang untuk memiliki kematangan
hubungan inter personal dengan orang lain. Dengan kata lain, dapat
disimpulkan berdasarkan data diatas peserta
didik kelas VII I rata-rata memiliki tingkat kematangan hubungan dengan teman sebaya sangat
baik. Berdasarkan
hasil pengamatan yang dilakukan mendapatkan hasil bahwa semua
peserta didik kelas VII I sudah memiliki tingkat kematangan interpersonal yang baik.
Hasil
analisis ini merupakan gambaran sikap yang dilakukan peserta didik dalam kehidupan
sehari-hari. Aspek ini sangat perlu di pertahankan dan terus dikembangkan berdasarkan norma dan nilai yang berlaku didalam
lingkungan keluarga, sekolah maupun dalam lingkungan masyarakat secara luas agar
tetap stabil dan bisa mencapai perkembangan yang optimal.
2. Aspek Terendah
: Aspek nomor 4 yaitu Kematangan Intelektual
Dalam aspek ini meliputi : Sikap kritis, sikap rasional, kemampuan membela hak pribadi,
kemampuan menilai. Dari
karakteristik yang ada pada aspek nomor empat tersebut dapat di deskripsikan bahwa : di dalam
aspek tersebut peserta didik kelas VII I secara keseluruhan memiliki kematangan
intelektual yang kurang memuaskan. Dengan kata lain bahwa tingkatan intelektual
peserta didik kelas VII I sangat rendah, dan hasil itupun di kuatkan oleh hasil
pengamatan yang di lakukan oleh pembimbing diwaktu memberikan layanan klasikal
pada peserta didik kelas VII I. Hasil tersebut, sudah membuktikan tingkat
kematangan intelektual peserta didik kelas VII I sangat rendah, seperti halnya
: peserta didik yang seringnya bercanda, bertanya namun bukan pertanyaan yang
mampu di bagi untuk teman-teman dikelasnya akan tetapi pertanyaan yang mampu
membuat gaduh bagi teman-teman yang lainnya. Sikap rasionalpun ditunjukkan oleh
beberapa peserta didik kelas VII I, dengan sikap rasional yang tinggi tersebut
membuat pribadi peserta didik mengganggap dirinya paling hebat dibandingkan
dengan teman-teman dikelasnya, dan yang terakhir berdasarkan hasil pengamatan
yang dilakukan oleh pembimbing yaitu sikap saling menilai. Sikap yang saling
menilai pada peserta didik di kelas VII I, bukanlah suatu sikap menilai yang
positif melainkan suatu sikap menilai untuk saling menjatuhkan antara yang satu
dengan yang lainnya.
Berdasarkan deskripsi yang telah dijelaskan diatas,
dapat disimpulkan bahwa memang tingkat kematangan intelektual Peserta
diidk kelas VII I sangat rendah, dan peserta didik kelas VII I perlu
mendapatkan layanan dan perhatian khusus mengenai kematanagan intelektualnya,
agar peserta diidk kelas VII I lebih memiliki kematangan intelektual
dan mencapai pada perkembangan
yang optimal.
Referensi :
Supriatna, M. 2011. Bimbingan
Konseling Berbasis Kompetensi (Orientasi Dasar Pengembangan Profesi Konselor).
Jakarta: PT Garafindo Persada.
A.
Analisis
Individu
Berdasarkan
hasil Analisis Tugas Perkembangan / ATP Secara Individu Kelas VII I SMP Muhammadiyah 1
Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Maka peneliti
mencoba membagi dua aspek penilaian yaitu aspek dengan nilai tertinggi dan
aspek dengan nilai terendah. Dari hasil anaislisis didapatkan
sebagai berikiut :
1. Achmad
Rahzani Fikra
· Aspek Tertingi
: Aspek nomor 8 yaitu Kemandirian
Perilaku Ekonomis
Berdasarkan
hasil wawancara dengan peserta didik yang bersangkutan mendapatkan hasil yang
berkaitan erat dengan aspek Kemandirian perilaku ekonomis,
Peserta didik ini memiliki memiliki
sikap hemat dan rajin menabung. Hasil wawancara tersebut merupakan
gambaran sikap yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari peserta didik. Jadi, dengan kata lain
berdasrkan hasil analisis, dengan
memiliki sikap kemandirian perilaku ekonomis dapat dikatakan bahwa peserta
didik meliputi bebrapa karakter yang tercakup di dalam aspek kemandirian
perilaku antara lain: upaya menghasilkan uang secara mandiri, sikap hemat dan menabung,
bekerja keras dan ulet, dan tidak mengharap pemberian orang lain.
Dari hasil analisis yang yang telah di deskripsikan
didapatkan bahwa peserta didik ini
sudah bagus dalam bidang kemandirian
perilaku ekonomis, hal ini perlu dipertahankan dan
dikembangkan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari agar dapat berkembang
secara optimal.
· Aspek Terendah
: Aspek nomor 6 Yaitu Peran Sosial Sebagai Pria dan Wanita
Pada
aspek peran sosial sebagai pria dan wanita,
Peserta didik ini memiliki nilai yang terendah. Hasil analisis ini merupakan
gambaran sikap yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi berdasarkan
hasil analisa Peserta didik ini lemah atau kurang mampu dalam beberapa hal
meliputi: peran sosial sesuai dengan jenis kelamin, tingkah laku sesuai jenis
kelamin, perbedaan
pokok laki-laki dan perempuan.
Peserta
didik ini perlu mendapatkan Layanan yang segera dan perhatian khusus terutama
pada aspek ini, supaya anak ini dapat berkembang secara optimal, dan lebih
menyadari perannya sebagai seorang pia atau wanita
2.
Agun
Prasetyo
Berdasarkan hasil
analisis Analisis Tugas Perkembangan/ATP memiliki hasil sebagai Berikut:
· Aspek Tertingi
: Aspek Nomer 4&10 Yaitu Kematangan Intelektual & Kematangan Hubungan
dengan Teman sebaya.
Pada aspek Kematangan
intelektual & Kematangan Hubungan dengan Teman sebaya. Peserta didik ini memiliki nilai tinggi, Hasil
analisis ini merupakan gambaran sikap yang dilakukan dalam kehidupan
sehari-hari. Jadi berdasrkan hasil analisa, Dengan niali tinggi yang di dapatkan
anak ini mampu melakukan dengan baik beberapa hal meliputi: sikap kritis,
rasional, kemampuan menilai, membela hak pribadi, memahami tingkah laku orang
lain, berempati, kerja sama, hubungan sosial hal ini perlu dipertahankan dalam
menjalankan kehidupan sehari-hari agar dapat berkembang secara optimal.
·
Aspek
Terendah : Aspek Nomer 6&7 Yaitu Peran
Sosial sebagai Pria ata Wanita & Penerimaam diri dan Pengembangannya.
Pada aspek Peran Sosial sebagai Pria ata
Wanita & Penerimaam diri dan Pengembangannya, Peserta didik ini memiliki
nilai terendah. Hasil analisis ini merupakan gambaran sikap yang dilakukan
dalam kehidupan sehari-hari. Jadi berdasarkan hasil analisa Peserta didik ini
lemah atau kurang mampu dalam beberapa hal meliputi: peran sosial sesuai dengan
jenis kelamin, tingkah laku sesuai jenis kelamin, cita-cita, Perbedaan pokok
laki-laki dan perempuan, kondisi fisik, mental, pengembangan pribadi. anak ini
perlu mendapatkan perhatian khusus dan segera mendapatkan pelayanan terutama
pada 2 aspek ini, supaya anak ini dapat berkembang secara optimal, dan dapat
menyesuaikan diri dengan kehidupan sehari-hari.
1. Ahmad Sidiq Rubiyanto
Berdasarkan hasil
analisis Analisis Tugas Perkembangan/ATP memiliki hasil sebagai Berikut:
·
Aspek
Tertingi : Aspek Nomer 3&7 Yaitu Kematangan
Emosional & Penerimaam diri dan Pengembangannya. Pada keuda aspek tersebut,
Peserta didik ini memiliki nilai tinggi, Hasil analisis ini merupakan gambaran
sikap atau perilaku yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi berdasrkan
hasil analisa Dengan niali tinggi yang di dapatkan Peserta didik ini mampu
melakukan dengan baik beberapa hal meliputi: Kebebasan berpendapat, tidak
cemas, kestabialn emosi, kondisi fisik, mental, pengembangan pribadi hal ini
perlu dipertahankan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari agar dapat
berkembang secara optimal.
·
Aspek
Terendah : Aspek Nomer 1&8 Yaitu Landasan
Hidup Religius & Kemandirian Perilaku Ekonomis.
Pada kedua aspek tersebut, anak ini
memiliki nilai yang terendah. Hasil analisis ini merupakan gambaran sikap yang dilakukan
dalam kehidupan sehari-hari. Jadi berdasarkan hasil analisa Peserta didik ini
lemah atau kurang mampu dalam beberapa hal meliputi: Sholat dan Berdoa, tentang
keagamaan, keimanan, sabar, upaya menghasilkan uang, sikap hemat, kerja keras,
ulet, tidak mengharap pemberian orang lain. Anak ini perlu mendapatkan Layanan
yang segera dan perhatian khusus terutama pada 2 aspek ini, supaya anak ini
dapat berkembang secara optimal, dan dapat berhasil dalam menjalni kehidupan
yang dijalani.
2. Ajeng Pratita
Berdasarkan hasil
analisis Analisis Tugas Perkembangan/ATP memiliki hasil sebagai Berikut:
·
Aspek
Tertingi : Aspek Nomer 9&10 Yaitu Waawasan
dan persiapan karir & Kematangan dengan hubungan dengan teman sebaya. Pada
keuda aspek tersebut, anak ini memiliki nilai tinggi, Hasil analisis ini
merupakan gambaran sikap atau perilaku yang dilakukan dalam kehidupan
sehari-hari. Jadi berdasrkan hasil analisa Dengan niali tinggi yang di dapatkan
anak ini mampu melakukan dengan baik beberapa hal meliputi: Pemahaman jenis
pekerjaan, kesungguhan belajar, perencanaan belajar, pemahaman tingkah laku
orang lain, berempati, kerjasama, hubungan sosial. Hal ini perlu dipertahankan
dan di kembangkan lagi dalam menjalankan kehidupan sehari-hari agar dapat
berkembang secara optimal.
·
Aspek
Terendah : Aspek Nomer 1 Yaitu Landasan Hidup
Religius
Pada aspek Landasan hidup religius, Peserta
didik ini memiliki nilai yang terendah. Hasil analisis ini merupakan gambaran
sikap yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi berdasarkan hasil
analisa Peserta didik ini lemah atau kurang mampu dalam beberapa hal meliputi:
Sholat dan Berdoa, tentang keagamaan, keimanan, sabar Peserta didik perlu
mendapatkan Layanan yang segera dan perhatian khusus terutama pada aspek ini,
supaya Peserta didik ini dapat berkembang secara optimal, dan dapat menjalani
kehidupan dengan lebih baik lagi.
3. Anisa Saputri
Berdasarkan hasil
analisis Analisis Tugas Perkembangan/ATP memiliki hasil sebagai Berikut:
·
Aspek
Tertingi : Aspek Nomer 9 Yaitu Waawasan dan
persiapan karir. Pada aspek wawasan dan persiapan karir, Peserta didik ini
memiliki nilai tinggi, Hasil analisis ini merupakan gambaran sikap atau
perilaku yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi berdasrkan hasil
analisis Dengan niali tinggi yang di dapatkan Peserta didik ini mampu melakukan
dengan baik beberapa hal meliputi: Pemahaman jenis pekerjaan, kesungguhan
belajar, perencanaan belajar. Peserta didik ini sangat matang dalam hal
persiapan karir dimasa yang akan mendatang. Hal ini perlu dipertahankan dan di
kembangkan lagi dalam menjalankan kehidupan sehari-hari agar perencanaan nya
lebih baik lagi .
·
Aspek
Terendah : Kematangan dengan hubungan dengan
teman sebaya
Pada aspek Kematangan hubungan teman
sebaya, anak ini memiliki nilai yang rendah. Hasil analisis ini merupakan
gambaran sikap yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi berdasarkan
hasil analisa Peserta didik ini lemah atau kurang mampu dalam beberapa hal
meliputi: pemahaman tingkah laku orang lain, berempati, kerjasama, hubungan
sosial. Intinya Peserta didik ini lemah dalam hal hubungan sosial khususnya
hubunga dengan teman sebaya hal itu
terlihat dari hasil analisis yang didapatkan. Peserta didik ini perlu
mendapatkan Layanan yang segera dan perhatian khusus terutama pada aspek ini,
supaya anak ini dapat berkembang secara optimal, dan dapat berinteraksi dengan
lebih baik lagi khususnya dalam hubungan sosial denga teman sebaya.
4. Arfina Nur Hanifah
Berdasarkan hasil
analisis Analisis Tugas Perkembangan/ATP memiliki hasil sebagai Berikut:
·
Aspek
Tertingi : Aspek Nomer 3 Yaitu Kematangan
Emosional.
Pada aspek kematangan emosional, anak ini
memiliki nilai tinggi, Hasil analisis ini merupakan gambaran sikap atau
perilaku yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi berdasrkan hasil
analisa Dengan niali tinggi yang di dapatkan Peserta didik ini mampu melakukan
dengan baik beberapa hal meliputi: Kebebasan berpendapat, tidak cemas,
kestabialn emosi, Peserta didik ini
sudah mamapu mengendaliukan emosi nya dalam kehidupan sehari-hari hal ini perlu
dipertahankan agar dapat berkembang secara optimal.
·
Aspek
Terendah : Aspek Nomer 9 Yaitu Waawasan dan
persiapan karir.
Pada aspek wawasan dan persiapan karir,
anak ini memiliki nilai rendah, Hasil analisis ini merupakan gambaran sikap
atau perilaku yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi berdasrkan hasil
analisa Peserta didik ini lemah atau kurang mampu dalam beberapa hal meliputi :
Pemahaman jenis pekerjaan, kesungguhan belajar, perencanaan belajar. Peserta
didik ini perlu mendapatkan Layanan yang segera dan perhatian khusus terutama
pada aspek ini, supaya anak ini dapat berkembang secara optimal, dan dapat
memahami, mempersiapkan dan merencanakan karirnya dimasa yang akan datang.
5. Arifah Tri Ramadhani
Berdasarkan hasil
analisis Analisis Tugas Perkembangan/ATP memiliki hasil sebagai Berikut:
·
Aspek
Tertingi : Aspek Nomer 10 Yaitu Kematangan
dengan hubungan dengan teman sebaya. Pada keuda aspek ini, Peserta didik ini
memiliki nilai tinggi, Hasil analisis ini merupakan gambaran sikap atau
perilaku yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi berdasrkan hasil
analisa Dengan niali tinggi yang di dapatkan Peserta didik ini mampu melakukan
dengan baik beberapa hal meliputi: Pemahaman tingkah laku orang lain,
berempati, kerjasama, hubungan sosial. Hal ini perlu dipertahankan dan di
kembangkan lagi dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, khususnsya dalam
hubungan dengan teman sebaya agar dapat berkembang secara optimal.
·
Aspek
Terendah : Aspek Nomer 6&8 yaitu Peran
sosial sebgai wanita & kemandirian Perilaku ekonomis.
Pada kedua aspek tersebut, Peserta didik ini
memiliki nilai yang terendah. Hasil analisis ini merupakan gambaran sikap yang
dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi berdasarkan hasil analisa Peserta
didik ini lemah atau kurang mampu dalam beberapa hal meliputi: peran sosial
sesuai dengan jenis kelamin, tingkah laku sesuai jenis kelamin, cita-cita,
Perbedaan pokok laki-laki dan perempuan, upaya menghasilkan uang, sikap hemat,
kerja keras, ulet, tidak mengharap pemberian orang lain. Peserta didik ini
perlu mendapatkan Layanan yang segera dan perhatian khusus terutama pada aspek
ini, supaya anak ini dapat berkembang secara optimal, dan lebih menyadari
perannya sebagai seorang pia atau wanita & lebih mandiri dalam bidang
ekonomi.
6. Ema Pamungkas
Berdasarkan hasil analisis Analisis Tugas
Perkembangan/ATP memiliki hasil sebagai Berikut:
·
Aspek
Tertingi : Aspek Nomer 10&3 Yaitu Kematangan
dengan hubungan dengan teman sebaya & Kematangan Emosional. Pada keuda
aspek tersebut, Peserta didik ini memiliki nilai tinggi, Hasil analisis ini
merupakan gambaran sikap atau perilaku yang dilakukan dalam kehidupan
sehari-hari. Jadi berdasrkan hasil analisa Dengan niali tinggi yang di dapatkan
anak ini mampu melakukan dengan baik beberapa hal meliputi: Pemahaman tingkah
laku orang lain, berempati, kerjasama, hubungan sosial, Kebebasan berpendapat,
tidak cemas, kestabialn emosi. Hal ini perlu dipertahankan dan di kembangkan
lagi dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, khususnsya dalam hubungan dengan
teman sebaya dan Kestabilan emosi agar dapat berkembang secara optimal.
·
Aspek
Terendah : Aspek Nomer 1, 5&7 Yaitu Landasan
Hidup Religius, Kesadaran Tanggung jawab, Penerimaan dan Pengembangan diri.
Pada ketiga aspek tersebut, Peserta didik
ini memiliki nilai yang terendah. Hasil analisis ini merupakan gambaran sikap
yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi berdasarkan hasil analisis Peserta
didik ini lemah atau kurang mampu dalam beberapa hal meliputi: Sholat dan
Berdoa, tentang keagamaan, keimanan, sabar, mawas diri, tanggung jawab,
disiplin, , kondisi fisik, mental, pengembangan pribadi. Peserta didik ini
perlu mendapatkan Layanan yang segera dan perhatian khusus terutama pada aspek
ini, supaya Peserta didik ini dapat berkembang secara optimal, memiliki
kesadaran tentang landasan hidup religius, lebih memiliki tanggung jawab, lebih
menerima pengembagan dirinya.
7. Fariza Ikhsan Aditya
Berdasarkan hasil
analisis Analisis Tugas Perkembangan/ATP memiliki hasil sebagai Berikut:
·
Aspek
Tertingi: Aspek Nomer 7&8 Yaitu Penerimaam
diri dan Pengembangannya & kemandirian Perilaku ekonomis.
Pada keuda aspek tersebut, Peserta didik ini
memiliki nilai tinggi, Hasil analisis ini merupakan gambaran sikap atau
perilaku yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi berdasrkan hasil
analisa Dengan niali tinggi yang di dapatkan Peserta didik ini mampu melakukan
dengan baik beberapa hal meliputi: Kebebasan berpendapat, tidak cemas,
kestabialn emosi, kondisi fisik, mental, pengembangan pribadi, upaya
menghasilkan uang, sikap hemat, kerja keras, ulet, tidak mengharap pemberian
orang lain hal ini perlu dipertahankan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari
agar dapat berkembang secara optimal.
·
Aspek
Terendah : Aspek Nomer 4 Yaitu Kematangan
Intelektual.
Pada aspek ini, Peserta didik ini
memiliki nilai rendah, Hasil analisis ini merupakan gambaran sikap atau
perilaku yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi berdasrkan hasil
analisa Peserta didik ini lemah atau kurang mampu dalam beberapa hal meliputi :
sikap kritis, rasional, kemampuan menilai, membela hak pribadi, memahami
tingkah laku orang lain, berempati, kerja sama, hubungan sosial. Peserta didik ini
perlu mendapatkan Layanan yang segera dan perhatian khusus terutama pada aspek
ini, supaya anak ini dapat berkembang secara optimal, dan dapat lebih matang
dalan hal kematangan intelektual.
8. Fathika Hanum Oktafiani
Putri
Berdasarkan hasil
analisis Analisis Tugas Perkembangan/ATP memiliki hasil sebagai Berikut:
·
Aspek
Tertingi: Aspek Nomer 3,7&9 Yaitu Kematangan
Emosional, Penerimaam diri dan Pengembangannya & wawasan persiapan Karir.
Pada ketiga aspek tersebut, Peserta didik ini memiliki nilai tinggi, Hasil
analisis ini merupakan gambaran sikap atau perilaku yang dilakukan dalam
kehidupan sehari-hari. Jadi berdasrkan hasil analisa Dengan niali tinggi yang
di dapatkan anak ini mampu melakukan dengan baik beberapa hal meliputi:
Kebebasan berpendapat, tidak cemas, kestabialn emosi, kondisi fisik, mental,
pengembangan pribadi, Pemahaman jenis pekerjaan, kesungguhan belajar,
perencanaan belajar. Hal ini perlu dipertahankan dalam menjalankan kehidupan
sehari-hari agar dapat berkembang secara optimalterutama dalam hal yang
menyangkut Emosi, Penerimaan dan Pengembangan diri, Wawasa Persiapan Karir.
·
Aspek
Terendah : Aspek Nomer 4 Yaitu Kematangan
Intelektual.
Pada aspek ini, Peserta didik ini
memiliki nilai rendah, Hasil analisis ini merupakan gambaran sikap atau
perilaku yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi berdasrkan hasil
analisa Peserta didik ini lemah atau kurang mampu dalam beberapa hal meliputi :
sikap kritis, rasional, kemampuan menilai, membela hak pribadi, memahami
tingkah laku orang lain, berempati, kerja sama, hubungan sosial. Peserta didik ini
perlu mendapatkan Layanan yang segera dan perhatian khusus terutama pada aspek
ini, supaya anak ini dapat berkembang secara optimal, dan dapat lebih matang
dalan hal kematangan intelektual, serta lebih mandiri lagi dalam menjalani
kehidupan.
Sumber :
Supriatna,
M. 2011. Bimbingan Konseling Berbasis
Kompetensi (
Orientasi Dasar Pengembangan Profesi Konselor ).
Jakarta: PT Garafindo
Persada.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar