Sabtu, 15 September 2012

ATP/ITP - SMP/MTs

LAPORAN HASIL
ANALISIS TUGAS PERKEMBANGAN (ATP-SMP)
KELAS VII I
SMP MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA
TAHUN AJARAN 2012-2013




DI SUSUN OLEH:
Andi Irfhana Ardhi
NIM. 09001037
Mahasiswa PPL BK


 PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMUN PENDIDIKAN
UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN
2012


A.    Analisis Kelompok
Berdasarkan hasil Analisis Tugas Perkembangan / ATP Secara Kelompok Kelas VII I SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013 yang dilaksanakan pada Hari tanggal , maka didapatkan hasil sebagai berikiut :

1.    Aspek Tertinggi : Aspek nomor 10 yaitu Aspek Kematangan Hubungan Teman Sebaya
            Dimana pada aspek ini meliputi : Pemahaman tingkah laku orang lain, kemampuan berempati, kerja sama, dan kemampuan hubungan sosial. Dari karakteristik yang ada pada aspek nomor tujuh tersebut, dapat di diskripsikan bahwa : pada aspek tersebut peserta didik dipandang untuk memiliki kematangan hubungan inter personal dengan orang lain. Dengan kata lain, dapat disimpulkan berdasarkan data diatas peserta didik kelas VII I  rata-rata memiliki tingkat kematangan hubungan dengan teman sebaya sangat baik. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan mendapatkan hasil bahwa semua peserta didik kelas VII I sudah memiliki tingkat kematangan interpersonal yang baik.
Hasil analisis ini merupakan gambaran sikap yang dilakukan peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Aspek ini sangat perlu di pertahankan dan terus dikembangkan berdasarkan norma dan nilai yang berlaku didalam lingkungan keluarga, sekolah maupun dalam lingkungan masyarakat secara luas agar tetap stabil dan bisa mencapai perkembangan yang optimal.

2.    Aspek Terendah : Aspek nomor 4 yaitu Kematangan Intelektual
Dalam aspek ini meliputi : Sikap kritis, sikap rasional, kemampuan membela hak pribadi, kemampuan menilai. Dari karakteristik yang ada pada aspek nomor empat tersebut dapat di deskripsikan bahwa : di dalam aspek tersebut peserta didik kelas VII I secara keseluruhan memiliki kematangan intelektual yang kurang memuaskan. Dengan kata lain bahwa tingkatan intelektual peserta didik kelas VII I sangat rendah, dan hasil itupun di kuatkan oleh hasil pengamatan yang di lakukan oleh pembimbing diwaktu memberikan layanan klasikal pada peserta didik kelas VII I. Hasil tersebut, sudah membuktikan tingkat kematangan intelektual peserta didik kelas VII I sangat rendah, seperti halnya : peserta didik yang seringnya bercanda, bertanya namun bukan pertanyaan yang mampu di bagi untuk teman-teman dikelasnya akan tetapi pertanyaan yang mampu membuat gaduh bagi teman-teman yang lainnya. Sikap rasionalpun ditunjukkan oleh beberapa peserta didik kelas VII I, dengan sikap rasional yang tinggi tersebut membuat pribadi peserta didik mengganggap dirinya paling hebat dibandingkan dengan teman-teman dikelasnya, dan yang terakhir berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh pembimbing yaitu sikap saling menilai. Sikap yang saling menilai pada peserta didik di kelas VII I, bukanlah suatu sikap menilai yang positif melainkan suatu sikap menilai untuk saling menjatuhkan antara yang satu dengan yang lainnya.
Berdasarkan deskripsi yang telah dijelaskan diatas, dapat disimpulkan bahwa memang tingkat kematangan intelektual Peserta diidk kelas VII I sangat rendah, dan peserta didik kelas VII I perlu mendapatkan layanan dan perhatian khusus mengenai kematanagan intelektualnya, agar peserta diidk kelas VII I lebih memiliki kematangan intelektual dan mencapai pada perkembangan yang optimal.


Referensi :  
Supriatna, M. 2011. Bimbingan Konseling Berbasis Kompetensi (Orientasi Dasar Pengembangan Profesi Konselor). Jakarta: PT Garafindo Persada.

A.  Analisis Individu
            Berdasarkan hasil Analisis Tugas Perkembangan / ATP Secara Individu Kelas VII I SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Maka peneliti mencoba membagi dua aspek penilaian yaitu aspek dengan nilai tertinggi dan aspek dengan nilai terendah. Dari hasil anaislisis didapatkan sebagai berikiut :

1.    Achmad Rahzani Fikra
·      Aspek Tertingi : Aspek nomor 8 yaitu Kemandirian Perilaku Ekonomis
Berdasarkan hasil wawancara dengan peserta didik yang bersangkutan mendapatkan hasil yang berkaitan erat dengan aspek Kemandirian perilaku ekonomis, Peserta didik ini memiliki memiliki sikap hemat dan rajin menabung. Hasil wawancara tersebut merupakan gambaran sikap yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari peserta didik. Jadi, dengan kata lain berdasrkan hasil analisis, dengan memiliki sikap kemandirian perilaku ekonomis dapat dikatakan bahwa peserta didik meliputi bebrapa karakter yang tercakup di dalam aspek kemandirian perilaku antara lain: upaya menghasilkan uang secara mandiri, sikap hemat dan menabung, bekerja keras dan ulet, dan tidak mengharap pemberian orang lain. Dari hasil analisis yang yang telah di deskripsikan didapatkan bahwa peserta didik ini sudah bagus dalam bidang kemandirian perilaku ekonomis, hal ini perlu dipertahankan dan dikembangkan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari agar dapat berkembang secara optimal.
·      Aspek Terendah : Aspek nomor 6 Yaitu Peran Sosial Sebagai Pria dan Wanita
                   Pada aspek peran sosial sebagai pria dan wanita, Peserta didik ini memiliki nilai yang terendah. Hasil analisis ini merupakan gambaran sikap yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi berdasarkan hasil analisa Peserta didik ini lemah atau kurang mampu dalam beberapa hal meliputi: peran sosial sesuai dengan jenis kelamin, tingkah laku sesuai jenis kelamin, perbedaan pokok laki-laki dan perempuan. Peserta didik ini perlu mendapatkan Layanan yang segera dan perhatian khusus terutama pada aspek ini, supaya anak ini dapat berkembang secara optimal, dan lebih menyadari perannya sebagai seorang pia atau wanita
2.    Agun Prasetyo
Berdasarkan hasil analisis Analisis Tugas Perkembangan/ATP memiliki hasil sebagai Berikut:
·      Aspek Tertingi : Aspek Nomer 4&10 Yaitu Kematangan Intelektual & Kematangan Hubungan dengan Teman sebaya.
Pada aspek Kematangan intelektual & Kematangan Hubungan dengan Teman sebaya.  Peserta didik ini memiliki nilai tinggi, Hasil analisis ini merupakan gambaran sikap yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi berdasrkan hasil analisa, Dengan niali tinggi yang di dapatkan anak ini mampu melakukan dengan baik beberapa hal meliputi: sikap kritis, rasional, kemampuan menilai, membela hak pribadi, memahami tingkah laku orang lain, berempati, kerja sama, hubungan sosial hal ini perlu dipertahankan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari agar dapat berkembang secara optimal.
·           Aspek Terendah : Aspek Nomer 6&7 Yaitu Peran Sosial sebagai Pria ata Wanita & Penerimaam diri dan Pengembangannya.
       Pada aspek Peran Sosial sebagai Pria ata Wanita & Penerimaam diri dan Pengembangannya, Peserta didik ini memiliki nilai terendah. Hasil analisis ini merupakan gambaran sikap yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi berdasarkan hasil analisa Peserta didik ini lemah atau kurang mampu dalam beberapa hal meliputi: peran sosial sesuai dengan jenis kelamin, tingkah laku sesuai jenis kelamin, cita-cita, Perbedaan pokok laki-laki dan perempuan, kondisi fisik, mental, pengembangan pribadi. anak ini perlu mendapatkan perhatian khusus dan segera mendapatkan pelayanan terutama pada 2 aspek ini, supaya anak ini dapat berkembang secara optimal, dan dapat menyesuaikan diri dengan kehidupan sehari-hari.
1.      Ahmad Sidiq Rubiyanto
Berdasarkan hasil analisis Analisis Tugas Perkembangan/ATP memiliki hasil sebagai   Berikut:
·           Aspek Tertingi : Aspek Nomer 3&7 Yaitu Kematangan Emosional & Penerimaam diri dan Pengembangannya. Pada keuda aspek tersebut, Peserta didik ini memiliki nilai tinggi, Hasil analisis ini merupakan gambaran sikap atau perilaku yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi berdasrkan hasil analisa Dengan niali tinggi yang di dapatkan Peserta didik ini mampu melakukan dengan baik beberapa hal meliputi: Kebebasan berpendapat, tidak cemas, kestabialn emosi, kondisi fisik, mental, pengembangan pribadi hal ini perlu dipertahankan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari agar dapat berkembang secara optimal.
·           Aspek Terendah : Aspek Nomer 1&8 Yaitu Landasan Hidup Religius & Kemandirian Perilaku Ekonomis.
       Pada kedua aspek tersebut, anak ini memiliki nilai yang terendah. Hasil analisis ini merupakan gambaran sikap yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi berdasarkan hasil analisa Peserta didik ini lemah atau kurang mampu dalam beberapa hal meliputi: Sholat dan Berdoa, tentang keagamaan, keimanan, sabar, upaya menghasilkan uang, sikap hemat, kerja keras, ulet, tidak mengharap pemberian orang lain. Anak ini perlu mendapatkan Layanan yang segera dan perhatian khusus terutama pada 2 aspek ini, supaya anak ini dapat berkembang secara optimal, dan dapat berhasil dalam menjalni kehidupan yang dijalani.
2.      Ajeng Pratita
Berdasarkan hasil analisis Analisis Tugas Perkembangan/ATP memiliki hasil sebagai Berikut:
·           Aspek Tertingi : Aspek Nomer 9&10 Yaitu Waawasan dan persiapan karir & Kematangan dengan hubungan dengan teman sebaya. Pada keuda aspek tersebut, anak ini memiliki nilai tinggi, Hasil analisis ini merupakan gambaran sikap atau perilaku yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi berdasrkan hasil analisa Dengan niali tinggi yang di dapatkan anak ini mampu melakukan dengan baik beberapa hal meliputi: Pemahaman jenis pekerjaan, kesungguhan belajar, perencanaan belajar, pemahaman tingkah laku orang lain, berempati, kerjasama, hubungan sosial. Hal ini perlu dipertahankan dan di kembangkan lagi dalam menjalankan kehidupan sehari-hari agar dapat berkembang secara optimal.
·           Aspek Terendah : Aspek Nomer 1 Yaitu Landasan Hidup Religius
       Pada aspek Landasan hidup religius, Peserta didik ini memiliki nilai yang terendah. Hasil analisis ini merupakan gambaran sikap yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi berdasarkan hasil analisa Peserta didik ini lemah atau kurang mampu dalam beberapa hal meliputi: Sholat dan Berdoa, tentang keagamaan, keimanan, sabar Peserta didik perlu mendapatkan Layanan yang segera dan perhatian khusus terutama pada aspek ini, supaya Peserta didik ini dapat berkembang secara optimal, dan dapat menjalani kehidupan dengan lebih baik lagi.
3.      Anisa Saputri
Berdasarkan hasil analisis Analisis Tugas Perkembangan/ATP memiliki hasil sebagai Berikut:
·           Aspek Tertingi : Aspek Nomer 9 Yaitu Waawasan dan persiapan karir. Pada aspek wawasan dan persiapan karir, Peserta didik ini memiliki nilai tinggi, Hasil analisis ini merupakan gambaran sikap atau perilaku yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi berdasrkan hasil analisis Dengan niali tinggi yang di dapatkan Peserta didik ini mampu melakukan dengan baik beberapa hal meliputi: Pemahaman jenis pekerjaan, kesungguhan belajar, perencanaan belajar. Peserta didik ini sangat matang dalam hal persiapan karir dimasa yang akan mendatang. Hal ini perlu dipertahankan dan di kembangkan lagi dalam menjalankan kehidupan sehari-hari agar perencanaan nya lebih baik lagi .
·           Aspek Terendah : Kematangan dengan hubungan dengan teman sebaya
       Pada aspek Kematangan hubungan teman sebaya, anak ini memiliki nilai yang rendah. Hasil analisis ini merupakan gambaran sikap yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi berdasarkan hasil analisa Peserta didik ini lemah atau kurang mampu dalam beberapa hal meliputi: pemahaman tingkah laku orang lain, berempati, kerjasama, hubungan sosial. Intinya Peserta didik ini lemah dalam hal hubungan sosial khususnya hubunga dengan  teman sebaya hal itu terlihat dari hasil analisis yang didapatkan. Peserta didik ini perlu mendapatkan Layanan yang segera dan perhatian khusus terutama pada aspek ini, supaya anak ini dapat berkembang secara optimal, dan dapat berinteraksi dengan lebih baik lagi khususnya dalam hubungan sosial denga teman sebaya.
4.      Arfina Nur Hanifah
Berdasarkan hasil analisis Analisis Tugas Perkembangan/ATP memiliki hasil sebagai Berikut:
·           Aspek Tertingi : Aspek Nomer 3 Yaitu Kematangan Emosional. 
       Pada aspek kematangan emosional, anak ini memiliki nilai tinggi, Hasil analisis ini merupakan gambaran sikap atau perilaku yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi berdasrkan hasil analisa Dengan niali tinggi yang di dapatkan Peserta didik ini mampu melakukan dengan baik beberapa hal meliputi: Kebebasan berpendapat, tidak cemas, kestabialn emosi,  Peserta didik ini sudah mamapu mengendaliukan emosi nya dalam kehidupan sehari-hari hal ini perlu dipertahankan agar dapat berkembang secara optimal.
·           Aspek Terendah : Aspek Nomer 9 Yaitu Waawasan dan persiapan karir.
       Pada aspek wawasan dan persiapan karir, anak ini memiliki nilai rendah, Hasil analisis ini merupakan gambaran sikap atau perilaku yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi berdasrkan hasil analisa Peserta didik ini lemah atau kurang mampu dalam beberapa hal meliputi : Pemahaman jenis pekerjaan, kesungguhan belajar, perencanaan belajar. Peserta didik ini perlu mendapatkan Layanan yang segera dan perhatian khusus terutama pada aspek ini, supaya anak ini dapat berkembang secara optimal, dan dapat memahami, mempersiapkan dan merencanakan karirnya dimasa yang akan datang. 
5.      Arifah Tri Ramadhani
Berdasarkan hasil analisis Analisis Tugas Perkembangan/ATP memiliki hasil sebagai Berikut:
·           Aspek Tertingi : Aspek Nomer 10 Yaitu Kematangan dengan hubungan dengan teman sebaya. Pada keuda aspek ini, Peserta didik ini memiliki nilai tinggi, Hasil analisis ini merupakan gambaran sikap atau perilaku yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi berdasrkan hasil analisa Dengan niali tinggi yang di dapatkan Peserta didik ini mampu melakukan dengan baik beberapa hal meliputi: Pemahaman tingkah laku orang lain, berempati, kerjasama, hubungan sosial. Hal ini perlu dipertahankan dan di kembangkan lagi dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, khususnsya dalam hubungan dengan teman sebaya agar dapat berkembang secara optimal.
·           Aspek Terendah : Aspek Nomer 6&8 yaitu Peran sosial sebgai wanita & kemandirian Perilaku ekonomis.
       Pada kedua aspek tersebut, Peserta didik ini memiliki nilai yang terendah. Hasil analisis ini merupakan gambaran sikap yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi berdasarkan hasil analisa Peserta didik ini lemah atau kurang mampu dalam beberapa hal meliputi: peran sosial sesuai dengan jenis kelamin, tingkah laku sesuai jenis kelamin, cita-cita, Perbedaan pokok laki-laki dan perempuan, upaya menghasilkan uang, sikap hemat, kerja keras, ulet, tidak mengharap pemberian orang lain. Peserta didik ini perlu mendapatkan Layanan yang segera dan perhatian khusus terutama pada aspek ini, supaya anak ini dapat berkembang secara optimal, dan lebih menyadari perannya sebagai seorang pia atau wanita & lebih mandiri dalam bidang ekonomi.
6.      Ema Pamungkas
 Berdasarkan hasil analisis Analisis Tugas Perkembangan/ATP memiliki hasil sebagai Berikut:
·           Aspek Tertingi : Aspek Nomer 10&3 Yaitu Kematangan dengan hubungan dengan teman sebaya & Kematangan Emosional. Pada keuda aspek tersebut, Peserta didik ini memiliki nilai tinggi, Hasil analisis ini merupakan gambaran sikap atau perilaku yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi berdasrkan hasil analisa Dengan niali tinggi yang di dapatkan anak ini mampu melakukan dengan baik beberapa hal meliputi: Pemahaman tingkah laku orang lain, berempati, kerjasama, hubungan sosial, Kebebasan berpendapat, tidak cemas, kestabialn emosi. Hal ini perlu dipertahankan dan di kembangkan lagi dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, khususnsya dalam hubungan dengan teman sebaya dan Kestabilan emosi agar dapat berkembang secara optimal.
·           Aspek Terendah : Aspek Nomer 1, 5&7 Yaitu Landasan Hidup Religius, Kesadaran Tanggung jawab, Penerimaan dan Pengembangan diri.  
       Pada ketiga aspek tersebut, Peserta didik ini memiliki nilai yang terendah. Hasil analisis ini merupakan gambaran sikap yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi berdasarkan hasil analisis Peserta didik ini lemah atau kurang mampu dalam beberapa hal meliputi: Sholat dan Berdoa, tentang keagamaan, keimanan, sabar, mawas diri, tanggung jawab, disiplin, , kondisi fisik, mental, pengembangan pribadi. Peserta didik ini perlu mendapatkan Layanan yang segera dan perhatian khusus terutama pada aspek ini, supaya Peserta didik ini dapat berkembang secara optimal, memiliki kesadaran tentang landasan hidup  religius, lebih memiliki tanggung jawab, lebih menerima pengembagan dirinya.
7.      Fariza Ikhsan Aditya
Berdasarkan hasil analisis Analisis Tugas Perkembangan/ATP memiliki hasil sebagai Berikut:
·           Aspek Tertingi: Aspek Nomer 7&8 Yaitu Penerimaam diri dan Pengembangannya & kemandirian Perilaku ekonomis.
       Pada keuda aspek tersebut, Peserta didik ini memiliki nilai tinggi, Hasil analisis ini merupakan gambaran sikap atau perilaku yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi berdasrkan hasil analisa Dengan niali tinggi yang di dapatkan Peserta didik ini mampu melakukan dengan baik beberapa hal meliputi: Kebebasan berpendapat, tidak cemas, kestabialn emosi, kondisi fisik, mental, pengembangan pribadi, upaya menghasilkan uang, sikap hemat, kerja keras, ulet, tidak mengharap pemberian orang lain hal ini perlu dipertahankan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari agar dapat berkembang secara optimal.
·           Aspek Terendah : Aspek Nomer 4 Yaitu Kematangan Intelektual.
       Pada aspek ini, Peserta didik ini memiliki nilai rendah, Hasil analisis ini merupakan gambaran sikap atau perilaku yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi berdasrkan hasil analisa Peserta didik ini lemah atau kurang mampu dalam beberapa hal meliputi : sikap kritis, rasional, kemampuan menilai, membela hak pribadi, memahami tingkah laku orang lain, berempati, kerja sama, hubungan sosial. Peserta didik ini perlu mendapatkan Layanan yang segera dan perhatian khusus terutama pada aspek ini, supaya anak ini dapat berkembang secara optimal, dan dapat lebih matang dalan hal kematangan intelektual. 
8.      Fathika Hanum Oktafiani Putri
Berdasarkan hasil analisis Analisis Tugas Perkembangan/ATP memiliki hasil sebagai Berikut:
·           Aspek Tertingi: Aspek Nomer 3,7&9 Yaitu Kematangan Emosional, Penerimaam diri dan Pengembangannya & wawasan persiapan Karir. Pada ketiga aspek tersebut, Peserta didik ini memiliki nilai tinggi, Hasil analisis ini merupakan gambaran sikap atau perilaku yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi berdasrkan hasil analisa Dengan niali tinggi yang di dapatkan anak ini mampu melakukan dengan baik beberapa hal meliputi: Kebebasan berpendapat, tidak cemas, kestabialn emosi, kondisi fisik, mental, pengembangan pribadi, Pemahaman jenis pekerjaan, kesungguhan belajar, perencanaan belajar. Hal ini perlu dipertahankan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari agar dapat berkembang secara optimalterutama dalam hal yang menyangkut Emosi, Penerimaan dan Pengembangan diri, Wawasa Persiapan Karir.
·           Aspek Terendah : Aspek Nomer 4 Yaitu Kematangan Intelektual.
       Pada aspek ini, Peserta didik ini memiliki nilai rendah, Hasil analisis ini merupakan gambaran sikap atau perilaku yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi berdasrkan hasil analisa Peserta didik ini lemah atau kurang mampu dalam beberapa hal meliputi : sikap kritis, rasional, kemampuan menilai, membela hak pribadi, memahami tingkah laku orang lain, berempati, kerja sama, hubungan sosial. Peserta didik ini perlu mendapatkan Layanan yang segera dan perhatian khusus terutama pada aspek ini, supaya anak ini dapat berkembang secara optimal, dan dapat lebih matang dalan hal kematangan intelektual, serta lebih mandiri lagi dalam menjalani kehidupan. 

Sumber :
Supriatna, M. 2011. Bimbingan Konseling Berbasis Kompetensi ( Orientasi Dasar Pengembangan Profesi Konselor ). Jakarta: PT Garafindo Persada.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar